Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran

(Kelompok 1)

           Penentuan harga permintaan dan penawaran terjadi karena adanya produsen dan konsumen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain, dan adanya harga yang menjadi penentu keduanya.

           Pengertian Harga
Harga adalah suatu nilai tukar untuk suatu barang atau jasa sebagai penentu atau tolak ukur.
  • Penentuan Harga
Harga pasar terbentuk tidak secara otomatis namun terdapat banyak hal yang menyangkut didalamnya, yaitu keterkaitan pada suatu proses mekanisme yang tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan penjual dengan penawarannya.

           Pengertian Permintaan 
Permintaan adalah jumlah barang yang diminta oleh pembeli dalam suatu pasar ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.
  • Hukum Permintaan: 
 Semakin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta,  
 Semakin rendah harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang diminta
           Contoh Hukum Permintaan:
Ketika harga kedelai yang harganya melonjak naik, pengusaha tempe atau tahu cenderung lebih memilih kualitas kedelai yang sangat rendah dikarenakan harga kedelai yang berkualitas lebih baik harganya pun sangat mahal. bahkan ada pula pengusaha yang sampai gulung tikar dikarenakan tidak sanggup untuk membeli bahan baku tahu atau tempe tersebut
  • Faktor yang mempengaruhi permintaan: 
    1.  Selera
Jika selera konsumen tinggi maka suatu permintaan pun akan meningkat, ataupun sebaliknya.
 
    2.  Pendapatan konsumen
Semakin tinggi pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi pula tingkat daya belinya, begitupun sebaliknya.

    3.  Harga
Konsumen akan lebih cenderung membeli suatu barang / jasa yang harganya relatif lebih murah.

    4.  Itensitas kebutuhan konsumen
Jika suatu barang menjadi kebutuhan yang mendesak bagi konsumen maka permintaan akan mengalami peningkatan.

            Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang akan di produksi dan di tawarkan kepada konsumen dalam pasar ekonomi untuk kebutuhan masyarakat luas.
  • Hukum Penawaran:
Bila tingkat harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik
Bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun
  • Faktor yang mempengaruhi penawaran:
   1.  Biaya produksi dan teknologi
Jika biaya produksi suatu produk sangat tinggi, maka barang tersebut hanya sedikit yang akan di produksi.

   2.  Tujuan perusahaan
Perusahaan mempunyai tujuan agar produk yang dihasilkannya akan laku di pasaran dan mendapatkan untung yang sebesar-besarnya, produk yang laku dipasaran adalah produk yang harganya terjangkau ddan berkualitas baik.

   3.  Pajak
Jika pajak naik, maka harga jual juga akan tinggi dan hal ini akan menyebabkan permintaan konsumen menurun.  

   4.  Tingkat teknologi yang digunakan
Dengan teknologi yang semakin canggih membuat produsen dapat memproduksi hasil yang lebih banyak lagi dikarenakan pengurangan biaya dari pembuatan suatu produk.

  5.  Perkiraan harga barang 
Bila pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang, harga barang naik maka produsen akan menambah jumlah barang yang akan ditawarkan

Kesimpulan
Penentuan harga, permintaan dan penawaran sangat erat kaitannya dan saling berhubungan untuk mencapai suatu sistem ekonomi pasar agar menjadi lebih baik lagi. ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena sudah menjadi satu kesatuan dalam pasar ekonomi indonesia hanya saja masih terdapat banyak kelemahan dalam perekonomian pasar di indonesia pada saat ini. dan banyaknya pemerintah yang tidak bertanggung jawab dan adanya neoliberalisme (ekonomi campur politik) seperti petani di subsidi serta aturan import yang dibatasi. butuh kestabilan dari pemerintah untuk mencegah kejatuhan ekonomi indonesia

Komentar

Postingan Populer